Yuk Kenali Kerajinan Tangan Khas Desa Sukarara Lombok

Satu lagi destinasi wisata di Lombok selain pantai dan alam bawah laut adalah wisata Desa Sukarara. Terletak di kabupaten Lombok Tengah, kecamatan Jonggat, dusun sade. Menampilkan keindahan lain dari pulau Lombok yang tidak boleh Anda lewatkan, yuk cari tau keindahan yang ada di desa Sukarara ini ? .

Sejarah Desa Sukarara

Desa Sukarara adalah desa wisata Lombok yang sudah dikenal karena keindahan kain tenunnya. Ya, kain tenun khas Lombok sebagian besar telah diproduksi di desa ini. Uniknya, mayoritas penenun kain di desa ini adalah kaum wanita. Hal ini terjadi karena memang aktivitas menenun sudah menjadi budaya kaum wanita di desa ini. Tidak heran jika mereka mendapatkan ilmu menenun dari ibu mereka masing-masing.

Desa Sukarara Lombok
Desa Sukarara Lombok

Yang dijadikan bahan tenun biasanya berasal dari benang katun, benang sutera, benang sutera emas maupun sutera perak. Dari bahan benang yang berkualitas ini tidak heran jika hasil tenunan pengrajin di desa ini sangat tinggi. Apalagi dikerjakan manual dan oleh wanita dimana dipercaya karena sifat wanita yang lebih sabar, lebih teliti, dan lebih telaten dari pada pria.

Untuk bahan pewarna benang ada yang memang alami didapat dari alam Lombok seperti dari kunyit untuk warna kuning dan orange, anggur untuk menghasilkan warna ungu, batang pisang untuk warna cokelat tua, batang mahoni untuk warna cokelat kemerahan, batang jati untuk cokelat muda, dan lain sebagainya. Dari warna-warna diatas bisa menghasilkan warna khas tenunan Lombok yang cenderung cerah alami tidak terlalu ngejreng. Namun untuk menghasilkan warna yang tidak ada di alam ada yang memang menggunakan pewarna sintetis sebagai pelengkap.

Motif kain tenun di desa Sukarara Lombok ini juga memiliki corak tersendiri yang menjadi pembeda dengan kain tenun dari daerah lain di Indonesia. Ada banyak sebenarnya motifnya seperti kain tenun motif ayam, motif kembang, motif tokek, motif pakerot, keker, cungklik, penginang, dan masih banyak lagi.

Bagi pengunjung juga diperbolehkan untuk mencoba rasa dan feeling saat menenun. Ibu-ibu dan adik-adik penenun di desa ini dengan ramah akan mengajari langkah-langkah untuk membuat kain tenun Lombok ini. Berminat untuk membuat kain tenun sendiri? Tentu anda harus meluangkan waktu lebih lama untuk tinggal di desa ini.

Lokasi Desa Sukarara

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke desa Tenun ini, aksesnya cukup mudah. Berada di tengah pulau Lombok, sekitar kurang lebih 1 setengah jam perjalanan menuju Desa Sukarara dari kota Mataram. Dengan mengenal hasil karya budaya mereka dalam bentuk tenun, kita juga sudah mau untuk mengenal masyarakatnya yang begitu menjunjung tinggi dan adat istiadat melalui kain tenun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *